Sunday, December 02, 2012

Tebat Bukit

Posted by Anonymous on Sunday, December 02, 2012

Saya punya sedikit cerita. Tiga hari lalu, tepatnya hari kamis sore (29/11/2012) saya sempatkan untuk berkunjung ke suatu tempat yang mungkin dalam frame masyarakat kampung sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "TEBAT BUKIT". Tebat itu adalah sebuah kolam. Kolam yang ada ikan pastinya. Tempatnya tidak begitu jauh dari rumah. Hanya dengan menggunakan motor kurang lebih 15 menit tiba di tempat tersebut. Bukan motor yang ngebut tapi motor khusus untuk ke kebun gitu. Tidak sembarang motor bisa sampe kesana karena rute yang dilalui cukup menantang. 

Penasaran saya ini terjadi karena di malamnya ada saudara yang datang ke rumah bercerita tentang dia habis mancing di tebat tersebut. Ntah dari mana asal mulanya cerita tapi kok berujung ke cerita bahwa tebat tersebut adalah mistis. Dikatakan bahwa tebat tersebut sudah makan korban. Selain itu tebat tersebut tidak bisa dikeringkan dan hanya orang tertentu saja yang boleh membuka saluran airnya. karena kalau tidak maka orang tersebut akan mati. Itu kepercayaan sana katanya yang sudah mendarah daging. Dengan mendengar itulah saya akhirnya bermaksud untuk bisa melihat tempat tersebut.

Hari kamis sore tersebut saya temui saudara dan minta diantarkan kesana. Saudara pun bersedia menamani dan segera berangkat. Alhamdulillah tidak lama itu tiba disana. Ada pesan yang disampaikan saudara "jangan nceludu wai", artinya jangan ngomong sembarang disini. Mungkin karena saudara itu juga takut knapa-knapa. Ya sebagai hambah Allah yang lemah aku pun tidak ada takut, karena hanya Allah saja yang harus ditakuti. Kalaupun ada penghuni bangsa Jin or apa disitu pasti kalo dengan tidak izin Allah tidak akan pernah mampu mengganggu manusia. Aku pun hanya bisa berdo'a semoga tidak terjadi kesyirikan yang lebih besar di sana. Semoga lekas sirna kepercayaan tersebut.

Ku teruskan melihat-lihat. Tebatnya emang cukup luas dan airnya jernih. Terletak diantara perkebunan kopi dan dikatakan tebat bukit karena berada persis dikaki bukit. Terdapat beberapa orang yang sedang memancing dan beberapa lagi menaiki rakit di tengah tebat tersebut. Saking luasnya orang yang menaiki rakit diujung sana hanya terlihat seperti titik saja. hahahahahha.... Dari penampilannya emang serem sich seperti banyak ularnya. Secara kek rawa gitu terus banyak lumut dan tanaman lainnya. Tapi banyak juga kok yang berenang dan gak digigit oleh ular dan semacamnyalah.

Lalu ku teruskan mengambil beberapa gambar dengan HP ku :








1 comment: