Friday, August 27, 2010

Motivasi Seorang Tunanetra Multi Talenta

Posted by Nurul Azkiyah | NA=AN, isn't it? on Friday, August 27, 2010

Sebuah kelebihan yang luar biasa!!! Seorang tunanetra dapat melakukan hal-hal yang dianggap tak mungkin dapat dilakukan. Eko Ramaditya Adikara, tunanetra sejak lahir, yang berprofesi sebagai game music composer, blogger, motivator, wartawan, editor serta penulis. Dia pernah ikut dalam penataan musik Nintendo untuk video games “Super Smash Brothers Brawl” dan ”Final Fantasy VII”. Karya komposisi musik yang telah dibuatnya lebih dari seratus buah.


Di bidang pendidikannya, ia tak kalah dengan murid-murid normal. Rama bersekolah di sekolah anak-anak normal. Prestasinya pun memukau di tiap semester. Juara satu, dua, tiga pernah ia raih. Uniknya, ia juga bisa kuliah layaknya mahasiswa pada umumnya. Ia meraih prestasi yang gemilang di kampusnya, Universitas Persada Jakarta.

Tak hanya itu, buku otobiografi Blind Power pun berhasil ia tulis. Buku ini khusus ditulisnya untuk memotivasi tunanetra se-Indonesia agar selalu bersemangat dalam menjalani hidup dan tak berputus asa. Otobiografi ini menceritakan bagaimana ia bisa terlepas dari keterbatasan dan kekurangan yang ia miliki dan mengubah kehidupan yang kelam menjadi bercahaya dengan prestasi-prestasinya.

Begitu banyak kisah Rama yang disajikan dalam buku sarat dengan motivasi ini. Perjalanan dan kisah hidup penulis disajikan secara mendetail, misalnya bagaimana ia bisa berkarya dengan teknologi yang belum tentu orang normal bisa. Ia bisa mengutak- atik desain web hingga menciptakan musik dengan perangkat komputer khusus. Bukan hanya itu saja, bahasa yang digunakan penulis juga sangat mudah dipahami.

Buku Blind Power ini memang pantas kita miliki. Setiap kata yang dirangkai penulis menjadi begitu berarti ketika kita dapat memetik pelajaran dari setiap kegiatannya. Buku ini juga mendapat acungan jempol dari pakar Telematika Indonesia, Roy Suryo yang merasa bangga mempunyai sahabat yang selalu berkarya dalam kegelapannya. Tak pelak, kalau buku ini akan menghadirkan Rama-Rama yang hebat selanjutnya.

No comments:

Post a Comment