Tuesday, July 27, 2010

KWI is Perfect Experience (day 4) di pagi hari

Posted by Ahmad Nalpa on Tuesday, July 27, 2010

Memang tak bisa dipungkiri lagi kami semua merasakan capek, lemah, lelah, letih, lesu, lunglai. Makanya minum obat. Serasa iklan. Hehehe
Kali ini teriakkan “Bangun..... bangun....!!!!” tidak terdengar. Saking lelahnya kami pun agak susah bangun, tapi insyaallah subuh tetap tepat waktu. meksipun kondisi lelah namun agenda subuh tetap kami laksanakan. Kultum subuh pun berjalan dengan baik. Kali ini yang bertugas dari kelompok 13. Tepatnya si Alan yang bertugas menyampaikan kultum subuh pagi ini. Walau dengan sedikit nada ngantuk, kultumpun tersampaikan dengan baik. Sekarang kelompok 13 sudah tidak kesiangan lagi. Maklum kakak asuhnya baru datang. Berkat kedatangan kak Jefry Apriandy, maka kelompok 13 bisa terkondisikan dengan baik. Selesai kultum pun tidak sedikit dari kami semua tidur kembali. Karena memang kondisi pagi hari ini sedikit kurang bersahabat. Dari semalamnya rintik hujan terus turun hingga subuh.

Pagi hari kali ini kami semua tidak langsung mandi. Kenapa??? Karena memang kondisi lagi agak mendung dan masih sedikit beralasan masih dingin. Saat sarapan pagi sudah siap, kami pun langsung sarapan. Sarapan pagi kali nipun bukan nasi dan sayur melainkan hanya minum teh dan makan gorengan. Nuansa yang sedikit banyak bercanda senantiasa menghiasi makan pagi kami. Memang inilah ciri khas dari kelompok 12, suka bercandaan! Selesai makan kami pun kembali membagi tugas. Hari ini agenda acaranya adalah bakti sosial. Di mana muatan acaranya ada cek kesehatan, cek golongan darah, bagi-bagi sembako kepada warga, dan lain sebagainya. Serta di sore hari ada perlombaan anak-anak. Ku tentukan kembali siapa yang harus berangkat sekarang.

“Semua cowoknya ikut acara pagi ini ya...” ucapku pada semua. ”Kali ini yang di rumah bantu-bantu cuci piring dan nimba itu saya sama Vebry” terang ku kembali. Sengaja sich memang saya kepengen tinggal di rumah. Maklum woi capek bangetz, saya kira kalau tinggal di rumah sedikit ada tambahan untuk tidur lagi. hehehe Setelah bagi-bagi tugas, kami semua langsung mandi. Mandi pagi kali ini sedikit berbeda. Biasanya kami semua berebutan kepengen mandi duluan. Namun hari ini saling menyuruh duluan satu sama lain. Kali ini aku dan Vebry paling terakhiran mandi. Tau gak jam berapa kami mandi??? Kami berdua baru mandi saat memasuki waktu dzuhur. Hehehe! Ada alasannya lho kenapa jadi paling terakhir mandi. Mau tau???? Lanjut lagi....!

Yang sudah Selesai mandi langsung berangkat menuju pusat kegiatan. Semua berangkat kecuali saya sama Vebry. Ok... kali ini saya hanya bisa menceritakan keadan di rumah, ya karena saya memang gak ikut kegiatan. Mau tau apa yang terjadi di rumah???? Langsung saja kita obrak-abrik isi rumah. Hehehe

“Ayo nimba, isiin semua ember dan gentong yang ada” perintah seorang anggota perempuan pada kami berdua (Vebry dan aku) dengan nada agak bercanda. Saat Kami berdua ingin melaksanakan perintah, ternyata di sumur masih ada orang yang mencuci dan walhasil kami berdua beralasan untuk tidak langsung melaksanakan tugas. Akhirnya aku dan Vebry pun duduk sambil ngeliatin para koki bersilat. Sembari itu ternyata aku dan Vebry ditawarin nasi goreng. Memang para koki tau yang kami mau. Sisa nasi semalam akhirnya dibuat nasi goreng spesial. Saking spesialnya ini yang makan hanya aku dan Vebry saja. Pikir saya tepat sekali, kalau tadi sarapan Cuma makan gorengan. Jadi masih sedikit terasa lapar. Pas lah kalau dapat nasi goreng. Hehehe

“Hu.... pantas aja si Vebry setiap pembagian tugas maunya bantu nimba terus, ada yang lebihnya toh di dapur. Tau gini saya mau juga mandorin di dapur” aku membuka pembicaraan.

“Berarti kalau bantu-bantu nimba dan cuci piring di dapur selalu dikasih yang lebih ya. Sekarang dapat nasi goreng, kalau kemaren-kemaren kamu dikasih apa veb??? hehehe” lanjut ku kembali dengan agak bercanda.

“Yo iyolah kak, ada nyang plus-plusnya di dapur makanya aku betah, palagi ada dek Helma juga. hehehe” jawab vebry dengan nada kental jawanya.
“Eh.... kak Nalfa, diem-diem aja. Jangan dikasih tau yang lain ya” tambah Reni yang memang sedang sibuk menyiapkan untuk makan siang.
“Ya... ya.... ya....., ehm...” aku hanya bisa mengangguk dan jawab ya. Hehehe
“Seru juga ya di dapur, bantu-bantu dikit aja udah dapat yang plus” lanjut ku lagi.
“ih... kak Nalfa ini, ni kebetulan aja lagi nyisa, daripada nasinya kebuang ya mending dibuat nasi goreng aja” Reni kembali berkomentar.
“Udah... udah... ribut aja, buruan penuhin ember kecil dan gede tuh Veb. Masih pada kosong” perintah Mbak Helma agak bercanda.
“Vebry aja khan yang disuruh mbak.... hahaha” aku meledek mbak Helma.
“Kamu juga. Udah kenyang khan sekarang. Ayo buruan penuhin kita mau masak” mbak Helma lagi.
“Iya mbak.... eh salah.... dek Helma” ledek Ku lagi. Hahaha
“Itu di sumur masih ada orang, gimana mau ngisi” lanjut ku lagi. Memang aku yang banyak komentar sekarang. Maklum baru tau keadaan dapur.
Tiba-tiba ibu yang punya rumah berkomentar. “Di sumur sana aja, di sana kosong”
“Iyo.... bu” jawab Vebry yang memang sering ditanya-tanyain terus sama ibu yang punya rumah.
“Ayo veb, lets go.... kita nimba sekarang” ajakku pada Vebry.
“Ok.....” jawab Vebry
Kami berdua pun menjalankan tugas. Semua ember kami penuhi, piring-piring dan gelas pun kami cuci.
“Ada lagi yang mau dicuci????” tanyaku kembali.
“Udah habis kak, nanti lanjut lagi ya...” Jawab Reni bercanda.
“Kalau gitu kita bisa tidur lagi Veb” lanjutku kembali yang memang sudah gak tahan pengen tidur lagi.
“Yoi.... betul itu” jawab Vebry.
“Kita tidurnya di sini aja kak, siapa tau ada yang belum dikeluarin. Nanti kita dikasih lagi.. hahaha” lanjut vebry yang memang sudah pasang ancang-ancang mau tidur di kursi bambu dapur.
“Di sini veb???” tanya ku pada Vebry
Semua yang ada di dapur hanya bisa memperhatikan dan berkomentar. Aku dan vebry gak berhenti-berhenti berbicara. Pokoknya kita jadi tukang ribut deh di dapur. Belum sempat mau tidur ternyata beberapa orang pasukan sudah pulang.
“Kok udah pulang Za ma Cardo???” tanya ku pada Syaza sama Cardo yang sudah pulang duluan.
“Iya kak, capek... masih ngantuk” jawab Syaza.
Cardo hanya diam. Memang anak satu ini sedikit banyak agak pendiam diantara yang lainnya. Tapi sebentar lagi si ganteng Cardo akan banyak berkomentar. Sejenak aku berpikir untuk mencari pekerjan, sekarang ngapain ya??? Pikirku dalam hati. Seketika aku melihat ke arah mbak Helma yang sedang membolak-balik nasi. Aku langsung berpikir. Ehm.... tingsz..... dapat ide juga akhirnya!

“Golok mana” tanyaku pada Reni.
“buat pa kak??? Serem amat nanyain golok” jawab Reni sambil menunjuk ke arah Golok diletakkan.
Aku pun langsung meraih golok itu dan keluar mencari sesuatu.
“Mau ngapain kak???” tanya Syaza
“Mau tau aja, liat ja nti” jawabku
Syaza, Cardo, dan Vebry pun ikut keluar.
“mau buat apa si kak???” tanya Vebry lagi.
“Biasa.... buat untuk ngerjain perempuan lagi kayak kemaren” jawabku dengan agak kencang supaya terdengar oleh anggota perempuan yang sedang masak.

Serta merta Eflin keluar dari dapur. “Awas ya.... kalo ngerjain lagi” ancam Eflin nada bercanda.
Aku pun langsung mengambil sebuah kayu dan langsung mengukirnya dengan golok. Dan si Cardo pun ikut-ikutan. “aku mau buat sesuatu juga ah” Cardo yang mulai agak banyak berkomentar dibanding sebelumnya.
Kemudian terdengar kembali pertanyaan yang sama....
“Mo buat pa ka’ Nalfa???” tanya Revie yang cukup lama memperhatikan dari tadi.
“Ini mau buat untuk ngerjain kalian lagi....” jawabku bercanda!
“Ih.... kak Nalfa, ini nanya seriuz” lanjut Revie.
“Coba tebak ini mau buat apa coba???” lanjutku kembali sambil memperlihatkan kayu yang sudah ku bentuk.
“Oh..... Vie tau nie kak..... kak Nalfa mau buat Sendok ya!, ito lho yang buat masak itu” terang Revie.
Aku hanya menjawab dengan seyuman. Dan “ Liat ja nti jadinya ya... ini bakal jadi apa” terangku!
Terlihat Cardo juga sedang asyik mengukir bambu. “Buat apa do??” tanya Syaza.
“Mau buat.... ehm.... sesuatu” jawab Cardo yang mulai sedikit banyak bersuara. Beberapa waktu yang cukup lama, Vebry dan Syaza terus meledek cardo dalam bahasa jawa. Memang kalo udah ketemu, si Vebry dan Syaza always ngomong jawa. Klop banget deh kalo udah ngomong jawa.

Terdengar kembali, “kak Nalfa buat pa ya???” tiba-tiba Tika dan Tiyas datang. “buat ngerjain kalian lagi” jawabku. Pokoknya setiap yang datang pasti nanyain “mau buat apa kak Nalfa??”. Dan semuanya ku jawab “buat ngerjain kalian lagi”. Hehehe mereka hanya tersenyum manis tak banyak komentar lagi.

No comments:

Post a Comment